Editorial Policies

Focus and Scope

Tujuan

Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL) bertujuan sebagai wadah komunikasi untuk mempublikasikan artikel di bidang teknik lingkungan dan rekayasa konstruksi berbasis lingkungan. Artikel yang dimuat pada jurnal ini meliputi technical paper hasil penelitian dan penerapannya, dan hasil pengabdian kepada masyarakat,  review perkembangan penelitian, penerapan ilmu dan teknologi, invited paper yang menyajikan isu aktual lokal, nasional dan internasional, serta research methodology mengenai pengembangan metode, prosedur, program aplikasi maupun prosedur. Artikel yang dipublikasikan di jurnal ini tidak hanya dibatasi untuk civitas akademika di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, tetapi terbuka bagi masyarakat umum. Artikel yang dipublikasikan di MITL dapat diakses dan diunduh secara penuh sampai artikel full text (Open Access) dengan harapan dapat meningkatkan sitasi dari artikel yang dipublikasikan di MITL serta menyebarluaskan informasi dan memperkaya pengetahuan sebagai upaya menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Jumlah Frekuensi Terbit dan Naskah per Terbitan

MITL diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Setiap edisi penerbitan berisi 6 (enam) artikel, sehingga dalam 1 (satu) tahun MITL mempublikasikan 12 (dua belas) artikel.

Lingkup Artikel Jurnal

Ruang lingkup artikel mencakup (1) teknik pengelolaan SDA (drainase, penyediaan air minum), (2) pengelolaan limbah padat dan B3 (persampahan dan limbah B3), (3) pengelolaan air limbah, sanitasi dan bioteknologi, (4) sistem manajemen lingkungan (AMDAL, audit, ekonomi lingkungan) dan (5) pengelolaan pencemaran udara dan perubahan iklim serta berbagai hal lain di bidang teknik lingkungan.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Ketua Editor akan menugaskan kepada Editor untuk menelaah naskah yang masuk untuk proses selanjutnya. Editor kemudian akan meminta kepada minimal 2 (dua) orang mitra bestari untuk menelaah naskah tersebut. Ketua editor akan memutuskan diterima atau tidaknya naskah untuk dipublikasikan berdasarkan rekomendasi dari editor setelah menerima penilaian dan masukan dari mitra bestari. Naskah yang diterima akan diproses lebih lanjut sampai berhasil dipublikasikan.

 

Publication Frequency

MITL diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.

 

Open Access Policy

Artikel yang dipublikasikan di MITL dapat diakses dan diunduh secara penuh sampai artikel full text (Open Access).