Portal Jurnal Universitas Muhammadiyah Palangkaraya


Selamat Datang di situs jurnal Universitas Muhammadiya Palangkaraya ini memuat jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh institusi dan lembaga di lingkungan Universitas Muhammadiya Palangkaraya. Koleksi digital ini merupakan versi hasil alih dari berbagai jurnal yang telah diterbit dalam versi cetak dan berbagai artikel-artikel penelitian serta kajian-kajian ilmiah yang meliputi berbagai bidang keilmuan diantaranya pendidikan, teknik, kehutanan, ilmu administrasi, hukum, sosial politik dan berbagai bidang lainnya.
Klik pada judul jurnal berikut untuk mengakses berbagai jurnal online :

Page Header Logo

Jurnal Media Ilmiah Teknik Lingkungan

Media Ilmiah Teknik Lingkungan merupakan sarana sebagai wadah komunikasi untuk mempublikasikan artikel di bidang teknik lingkungan dan rekayasa konstruksi berbasis lingkungan. Jurnal ini diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus untuk memberikan informasi serta memperkaya pengetahuan sebagai upaya menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Artikel yang dimuat pada jurnal ini meliputi technical paper hasil penelitian dan penerapannya, dan hasil pengabdian kepada masyarakat,  review perkembangan penelitian, penerapan ilmu dan teknologi, invited paper yang menyajikan isu aktual lokal, nasional dan internasional, serta research methodology mengenai pengembangan metode, prosedur, program aplikasi maupun prosedur.

Ruang lingkup artikel mencakup (1) teknik pengelolaan SDA (drainase, penyediaan air minum), (2) pengelolaan limbah padat dan B3 (persampahan dan limbah B3), (3) pengelolaan air limbah, sanitasi dan bioteknologi, (4) sistem manajemen lingkungan (AMDAL, audit, ekonomi lingkungan) dan (5) pengelolaan pencemaran udara dan perubahan iklim serta berbagai hal lain di bidang teknik lingkungan.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

Jurnal Surya Medika

Jurnal Surya Medika (JSM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai media publikasi hasil penelitian dan pengabdian dibidang Ilmu Kesehatan. Jurnal Surya Medika mulai diterbitkan pada Agustus 2015 dan telah memiliki nomor ISSN. Saat ini sekretariat JSM berada di Fakultas Ilmu Kesehatan.

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal BITNET

BITNET merupakan istilah dalam bidang jaringan komputer yang memiliki arti jaringan point-to-point “menyimpan dan meneruskan”. Sebuah pesan email dari sebuah komputer ditransmisikan secara bertahap dari satu server ke server lainnya sampai tiba ke komputer tujuan. Pada konteks jurnal prodi. Pendidikan Teknologi Informasi ini, (1) relevansi dari kata “menyimpan” adalah penyimpanan kumpulan tulisan/artikel dari hasil penelitian dosen maupun mahasiswa pada prodi. Pendidikan Teknologi Informasi; (2) relevansi dari kata “meneruskan” adalah proses perkembangan jurnal prodi. Pendidikan Teknologi Informasi yang dilakukan melalui publikasi rutin secara terus-menerus (kontinyu) ke beberapa program studi internal kampus, sampai kepada eksternal kampus yang memiliki bidang pendidikan teknologi informasi atau yang relevan; (3) Tujuan utama dari jurnal prodi.

Pendidikan Teknologi Informasi ini adalah menjadi jurnal dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi yang berkualitas dan berisi tulisan-tulisan hasil penelitian yang ilmiah dan telah teruji kebenarannya, sehingga mampu menjadi nilai tambah (Value Added) bagi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal TUNAS

Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Issn Cetak (Issn 2477-6076) Issn Online (E-Issn -)

TUNAS JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Deskripsi Nama Jurnal Tunas
T    :  Tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan zaman
U   : Untuk kepentingan kemajuan bangsa dan negara Indonesia
N   : Nama Tunas diharapkan menjadi cikal bakal perbaikan dunia pendidikan melalui penelitian
A   : Asas yang ditanamkan adalah kejujuran dalam berkarya
S    : Sehingga semua hasil dari jurnal Tunas Barokah
Deskripsi Logo Jurnal Tunas
1. Tunas buah kelapa dipakai sebagai halaman sampul jurnal PGSD. Karena sebuah kelapa bisa tumbuh dimana saja di seluruh Indonesia, yang dapat menyesuaikan diri dengan sekelilingnya. Harapan bahwa jurnal tunas merupakan cikal bakal tempat atau wadah bagi dosen maupun guru untuk menuangkan ide, gagasan, pikiran yang berbentuk penelitian.
2. Buah kelapa juga dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga, harapannya jurnal tunas tetap  hidup dan dan berkembang terus dari tahun ke tahun.
3. Kelapa tumbuh menjulang tinggi, ini artinya diharapkan jurnal tunas memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus yang menanamkan kejujuran bagi sebuah penelitian.
4. Akar kelapa tumbuh kuat dan erat dalam tanah yang melambangkan keyakinan. Jurnal Tunas ini berpegang pada dasar-dasar dan landasan yang baik dan benar, kuat dan nyata, yang dipakai untuk menanggapi cita-cita siapa pun yang ikut berpartisipasi di dalam jurnal Tunas.
5. Kelapa pohon serba guna dari ujung sampai akar mengkiaskan bahwa Jurnal Tunas berguna bagi seluruh manusia, mengabdikan diri pada bangsa dan negara Indonesia.

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal NERACA

Neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu. Jurnal Neraca juga akan menampilkan laporan penelitian dosen setiap tahunnya dan Jurnal Neraca juga menjadi patokan kualitas penelitian dosen dan guru di bidang pendidikan ekonomi. Harapannya jurnal tunas tetap  hidup dan dan berkembang terus dari tahun ke tahun. Mampu menjadi referensi bagi dosen dan guru untuk mengembangkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Salah satu unsur dari Neraca adalah balance jika jumlah sisi debit sama dengan jumlah sisi kredit. Hal ini salah satu yang mendasari pemilihan nama Neraca, karena dosen dan guru tugasnya tidak hanya mengjar saja namun juga melakukan penelitian. Data yang data di sajikan di dalam jurnal neraca merupakan berbagai macam bidang dan jenis penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Tujuan dari neraca ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kualitas dari suatu prodi memiliki karya atau hasil penelitian yang bisa bermanfaat untuk kalay umum.

Pemilihan Gambar: Grafik, tabel, dunia, dolar dalam cover jurnal Neraca. Grafik dan tabel merupakan komponen yang tidak pernah lepas dari ekonomi dimana grafik dan tabel menunjukan hasil perhitungan yang dilakukan dari waktu ke waktu. Dunia menunjukan bahwa penelitian yang di tampung dalam jurnal Neraca merupakan penelitian dari berbagai penjuru wilayah tidak hanya kelimantan tengah saja dengan harapan bisa menjadi Jurnal yang bersekala Internasional dan Dolar juga menunjukan bahwa Jurnal Neraca ini berorientasi menjadi jurnal bersekala internasional kelaknya.

View Journal | Current Issue | Register